Rabu, 06 November 2019

Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Untuk anak

Home Delivery Susu Pasar Modern Intermoda WA : 081284647275 Link Www.Tokopedia.com/TokoAlexandrite

Pada pola makan 4 sehat 5 sempurna, terdapat masing-masing zat gizi yang terkandung dalam berbagai jenis makanan yang berbeda. Oleh karena itu, menu makanan haruslah beranekaragam agar kebutuhan gizi yang di perlukan tubuh terpenuhi.



Apa itu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna ?

1. Makanan pokok 

Apa saja kategori makanan pokok yang menjadi bagian dari 4 sehat 5 sempurna? 

Berikut beberapa makanan pokok yang baik untuk dikonsumsi:

  • Nasi
  • Jagung
  • Sagu
  • Singkong, kentang, atau umbi-umbian
  • Gandum

Nasi adalah sumber energi bagi tubuh anak. Meskipun baik, namun mengonsumsi nasi sebaiknya dibatasi atau bisa diganti dengan nasi merah.

Mengapa harus nasi merah?

Seperti yang diketahui, nasi merah mengandung serat yang tinggi dan karbohidrat sederhana sehingga mampu menambah energi serta mengenyangkan karena asupannya tidak lebih dari 330 kalori/hari.

2. Lauk pauk

Jika karbohidrat dapat diperoleh dari umbi dan padi-padian, maka dalam istilah makanan 4 sehat 5 sempurna, lauk pauklah yang menjadi sumber protein. Manfaat protein bagi tubuh selain memperkuat sistem kekebalan, juga menyeimbangkan fungsi hormon dalam tubuh. Protein pulalah yang berperan aktif dalam membangun serta memperbaiki sel tubuh yang rusak.

Dan kita dapat memperoleh nutrisi tersebut dari beragam jenis lauk pauk seperti ikan, ayam, sapi, kambing, bebek, seafood, dan lain-lain sebagai sumber protein hewani, serta kacang-kacangan, biji-bijian, tahu, tempe, serta telur untuk sumber protein nabati.

3. Sayur- Sayuran

Brokoli

Brokoli berkhasiat membangkitkan sistem kekebalan, melawan kanker, melawan penyakit jantung dan infeksi, membantu sistem pencernaan, mempercantik kulit, membantu wanita hamil, memperkuat sistem sarap bagi bu dan bayi, dan membantu penderita depresi. 

Bayam

Bayam berkhasiat mencegah bayi lahir cacat, mencegah penyakit jantung, mencegah anemia, melawan sel kanker, membantu penglihatan, anti inflamasi, menurunkan kolesterol, anti diabetes, baik bagi tulang, baik untuk pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh dan banyak lagi khasiatnya.

Wortel

Wortel berkhasiat meningkatkan kekebalan, menghambat dan melawan semua jenis kanker, mencegah penyakit rabun senja, menyehatkan mata, menguatkan saraf, baik untuk lambung, mencegah asam urat, menyehatkan gigi dan gusi, mencegah serangan jantung, menurunkan kolesterol, meningkatkan ketahanan bagi usus besar, serta sarana yang sangat bagus untuk memelihara kecantikan kulit.

4. Buah-buahan

Sumber makanan sehat selanjutnya adalah buah-buahan. Jenis makanan yang satu ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Beberapa jenis buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi antara lain:

  • Jeruk
  • Apel
  • Manggis
  • Sirsak
  • Anggur
  • Kelengkeng
  • Alpukat

Sama seperti sayur-sayuran, kandungan gizi yang terdapat pada buah adalah mineral dan serat.

Selain itu, buah-buahan berfungsi bagi sebagai antidioksidan karena pada kulit buah mengandung pigmen warna klorofil seperti kiwi dan jambu.

Semakin gelap warnanya  semakin besar perlindungan antidioksidannya pada tubuh.

5. Susu 

Yang ke-5 ini Susu kami menyediakan Home Delivery WA : 081284647275

Susu berasal dari sumber protein hewani, fungsinya sangat baik bagi pertumbuhan tulang dan meningkatkan energi. Selain susu dari protein hewani, juga ada susu dari protein nabati yakni susu kedelai.

Jika anak mama memiliki kelebihan berat badan, ia dapat mengonsumsi susu rendah lemak.

Nah, itulah beberapa menu makanan 4 sehat 5 sempurna untuk anak beserta manfaatnya.

Untuk melengkapi daftar menu makanan 4 sehat 5 sempurna tersebut diatas, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi air putih yang banyak.

Air putih berfungsi sebagai pelarut senyawa lain di dalam tubuh, mengangkut zat makanan dari sel-sel ke jaringan serta menjaga kestabilan tubuh.

Manfaat air putih untuk kesehatan tubuh sudah tidak bisa dipertanyakan lagi, oleh karena itu minumlah air putih minimal 8 gelas setiap harinya, terutama pada pagi hari saat bangun tidur.

Home Delivery Susu Pasar Modern Intermoda WA : 081284647275 Link Www.Tokopedia.com/TokoAlexandrite



Tidak ada komentar:

Posting Komentar