Minggu, 31 Desember 2017

Tips Memilih Buku untuk Anak sesuai dengan Usianya



Semua orangtua pasti ingin putra-putrinya membaca buku-buku bermutu, tapi mungkin harapan ini pun diikuti dengan berbagai pertanyaan: “Anak saya umurnya x tahun, buku yang cocok apa ya?” “Anak saya sukanya main game, gimana ya supaya mau baca?” “Mulai umur berapa sih anak boleh dikasih buku?” dan masih banyak pertanyaan lainnya.
Oleh karena itu, berikut ini beberapa tips yang bisa menjadi panduan Anda untuk memilihkan buku bagi anak, sesuai dengan tahap perkembangannya.
Bayi dan Balita
Prasekolah dan Taman Kanak-kanak
  • Pada usia ini anak mulai bisa memahami saat dibacakan teks dengan kosakata yang lebih beragam, memiliki banyak bunyi rima dan pengulangan kata, seperti misalnya sajak sederhana atau pantun.
  • Pilih buku atau kisah yang berisi pengalaman, orang, atau benda yang sering ditemui atau dialami anak dalam hidup sehari-hari, misalnya tentang keluarga, binatang, kendaraan, dan sebagainya.
  • Fungsi motorik halusnya juga sudah berkembang baik sehingga bisa membaca buku dengan fitur tertentu, misalnya buku lift-the-flap, mewarnai, menempel stiker, dan sebagainya.
  • Rekomendasi kami: buku-buku aktivitas dan permainan, buku menggambar dan mewarnai, buku dongeng dan cerita bergambar
Masa Sekolah Awal (5-8 tahun)
Usia 9 tahun ke atas
Perlu diingat bahwa kecepatan membaca setiap anak berbeda. Jika anak lebih cepat maupun lebih lambat lancar membaca, Anda bisa menentukan sendiri tingkat kesulitan bacaan yang mereka butuhkan. Di halaman Buku Anak Gramedia kami juga memberikan rekomendasi usia untuk setiap buku, silakan Anda sesuaikan dengan kondisi anak karena standar ini cukup fleksibel.
Jadi, selamat memilih buku, selamat membaca, dan salam inspirasi!
(source : gramedia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar